RSS

ANALISIS JURNAL KARDIOLOGI

SISTEM KARDIOVASKULER
ANALISIS JURNAL KARDIOLOGI
“Tema : Terapi Anti-Koagulan pada Pasien Pasca Bedah Katup”

Dosen Pembimbing       :  Muhammad Rajin S.Kep. Ns., M.Kes




Oleh :
FATIN FUROIDAH
7312002
S1 KEPERAWATAN

Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum
Peterongan – Jombang
2012/2013



Analisis :
 Perkembangan operasi katup telah banyak membantu penderita untuk menjalani hidup aktif, normal dan berguna. Katup jantung prostetik dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kelangsungan hidup pasien dengan penyakit jantung katup berat, tetapi kebutuhan anti trombotik terapi untuk mencegah komplikasi trombosis pada pasien katup menimbulkan tantangan bagi dokter dan pasien. Perkembangan dalam terapi anti trombotik dan teknologi katup memungkinkan untuk memperbaiki pengelolaan pasien dengan kelainan katup.
Ada beberapa pembagian katup artifisial yang dike­nal pada saat ini. Katup biologi yaitu katup jantung manusia yang diperoleh dari donor setelah mereka meninggal dan dibekukan untuk digunakan nantinya (homograft). Katup bioprostetis yaitu yang terbuat dari binatang yang telah dicampur bahan kimia dalam pengolahannya. Dan katup mekanik yang terbuat dari logam, karbon dan/atau bahan sintetis. Dua hal yang paling penting sebagai pertimbangan dalam memilih katup adalah daya tahan dan peng­gunaan obat antikoagulan.
Katup Mekanik. Ada tiga jenis katup mekanik: caged-ball, single leaf­let atau tilting-disk, dan bileaflet valve. Katup-katup mekanik ini memiliki tiga komponen: okluder (clo­sure mechanism), housing dan sewing ring. Semuanya memiliki derjat regurgitasi yang dapat mencegah pembentukan trombus pada permukaan katup.
Katup Bioprostetik. Katup bioprostetik berasal dari porcine (katup jantung babi yang dijahitkan pada struktur katup) atau yang dibuat dari perikardium sapi (bovine) yang dijahit­kan pada struktur katup. Katup ini diawetkan dalam glutaraldehyde dan dibuat sedemikian rupa dengan campuran bahan plastik sehingga membentuk sewing ring.9 Katup bioprostetik yang lain yaitu mimic na­tive heart valves memiliki aliran sentral unobstructed.
Terapi Anti Trombolitik. Terapi antikoagulan jangka pendek dengan un­fractioned heparin (UFH) atau low-molecular-weight heparin (LWMH) sering digunakan sampai konsen­trasi terapeutik dari vitamin K antagonis tercapai.
Terapi anti-koagulan pada katup mekanik. Perkiraan terjadinya tromboemboli setelah operasi ganti katup mekanik pada pasien yang tidak mendapat terapi antikoagulan berasal dari sebuah studi kasus pada pasien yang merupakan kontra indikasi vitamin K antagonis. Berdasarkan data yang tersedia, sangat beralasan memulai terapi dengan vitamin K antagonis setelah operasi ganti katup dengan katup mekanik segera setelah hemostasis tercapai, biasanya dalam 6-24 jam setelah operasi.
Terapi anti-koagulan pada katup bioproste­tik. Rerata kejadian tromboemboli pada pasien dengan katup bioprostetik tinggi pada 3 bulan pertama setelah operasi. Pemberian aspirin dosis rendah direkomendasikan ACC/AHA dan ACCP sebagai terapi alternatif pada 3 bulan pertama setelah operasi. Berdasarkan studi yang ada, aspirin dosis rendah boleh diberikan se­lain pemberian warfarin pada 3 bulan pertama setelah operasi pada pasien dengan katup bioprostetik aorta.
Terapi anti-koagulan pada perbaikan katup. Perbaikan katup biasanya di lakukan pada operasi perbaikan mitral dan trikuspid dengan menggunakan band annuloplasty dan ring. Studi sistematik review pada 12 studi observasional melaporkan hasil pada pasien yang mendapat terapi an­titrombosis setelah operasi perbaikan katup. Sebagian besar pasien-pasien tersebut diterapi dengan vitamin K antagonis pada 2 – 3 bulan pertama, didapatkan angka kejadian tromboemboli rendah ( 0.4 - 3.0 % per pasien-tahun) dan kejadian perdarahan (0.3 – 0.8% per pasien-tahun).
Pemberian antikoagulan pada pasien kelainan kat­up jantung yang dioperasi berdasarkan pada; tipe dari katup prostetik, posisi dari katup (mitral atau aorta), adanya faktor risiko terjadinya tromboemboli.

0 komentar:

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Life for Share and Education All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates